Jumat, 27 April 2012

CHIANG KAI-SHEK





papan pajangan Chiang Kai-Shek, bahan dari kayu dengan relief dari bahan perunggu, ukuran 22 x 16 cm.

Chiang Kai-Shek.
lahir di Fenghua, Zhejiang, 31 oktober 1887 - meninggal di Taipei,Taiwan 5 april 1975. adalah seorang pemimpin kubu nasionalis yang berhadapan dengan kubu komunis dalam perang saudara di tiongkok pada era republik.
pada tahun 1925, sepeninggal Dr.Sun Yatsen, Ia melanjutkan Cita-cita revolusi Dr.Sun Yatsen untuk menyatukan Tiongkok dibawah satu pemerintahan, pada masa itu banyak raja-raja perang pemerintahan didaerah masing-masing karena tidak ada pemerintahan pusat yg kuat. Dengan jabatan Panglima Tentara Revolusi Rakyat, Ia kemudian melancarkan ekspedisi utara untuk menaklukan raja-raja perang di daerah tersebut, dalam waktu 3 tahun ia berhasil menyatukan setengah wilayah Tiongkok dibawah pemerintahan nasionalis Kuomintang di Nanjing
Pada tahun 1937 jepang menginvasi Tiongkok.
Setelah perang dunia II usai, perang saudara antara kaum komunis & kaum nasionalis mulai berkobar lagi. Perang dimenangkan oleh kubu komunis di bawah pimpinan Mao Zedong pada tahun 1949. kemenangan ini ditandai dengan diproklamasikannya Republik Rakyat China pada ! oktober 1949. Chiang Kai-shek pun akhirnya melarikan diri ke pulau Formosa. Di Formosa,yg kemudian dikenal sebagai Taiwan, negara republik nasional Tiongkok tetap berdiri & dipimpinnya sampai ia meninggal pada tahun 1975.
sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Chiang_Kai-shek

TERJUAL